SEKILAS BERITA

 

(Pejabat Propinsi Jawa Timur meluapkan kegembiraannya bersama Pejudo Ita Rachmawati)

Kejurnas Judo Senior yang di selenggarakan di GOR Ken Arok pada tanggal 17 -19 Desember telah dilaksanakan di Kota Malang. Perolehan medali dan Juara Umum Kompetisi Judo paling bergengsi di Indonesia ini akhirnya diraih oleh Pengprov PJSI Jawa Timur dengan total perolehan medali emas sebanyak 8 medali emas 1 perak dan 3 perunggu disusul Pengprov PJSI Bali dengan 3 emas, 2 perak dan 4 perunggu.

Inilah bukti otentik bahwa pembinaan olahraga Judo di Jawa Timur cukup berhasil meski  beberapa peraih medali diantaranya ikut dalam squat pemusatan Pelatnas Sea Games 2011.

Banyak hal menarik yang terjadi dalam Kejurnas Ini, diantaranya adalah tumbangnya beberapa pejudo Pelatnas oleh beberapa pejudo non pelatnas pada saat kompetisi berlangsung. Sebuah kekurangan yang tampaknya harus segera mendapat perbaikan dan perhatian khusus dari pelatih asal Negeri Gingseng Yang Jihun dan Jokociname serta Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia. Namun, dapat diakui bahwa kekurangan tersebut merupakan pembelajaran paling penting bagi Team Pelatnas bahwa ‘musuh-musuh’ pasukan merah putih di Sea Games mendatang merupakan lawan-lawan terbaik dari Asia Tenggara yang harus dihadang dengan Keyakinan dan latihan. Hal ini tentunya mengingat, apabila dengan pejudo non pelatnas saja mereka bersaing ketat, bagaimana nanti dengan persaingan dengan atlet terbaik dari Asia Tenggara.

Seperti biasanya, di setiap penyelenggaraan Kejurnas di Indonesia banyak pula kekurangan-kekurangan yang senantiasa mendapat kritikan tajam. Seperti halnya kondisi Barak Penampungan atlet yang dianggap oleh sebagian besar Pengprov PJSI masih jauh dari kata ‘memadai’ dari sisi standar penampungan atlet. Bahkan, beberapa Pengprov PJSI pada akhirnya lebih memilih alternatif penginapan lain yang lebih nyaman diluar lingkungan asrama yang telah disediakan. Di sadari atau tidak disadari, bahwa konsep penginapan dari Hotel ke hotel menjadi Barak ke barak diakui sebagai momok cukup menakutkan tersendiri bagi sebagian atlet, sehingga tidak heran beberapa diantara tidak tampil prima pada saat kompetisi berlangsung. Selain itu, masih terjadinya kondisi sepi penonton masih terus menghantui setiap penyelenggaraan kompetisi Judo di Indonesia. Kondisi ini tentu saja menyebabkan sponsor engan untuk tidak terlibat sebagai partner dalam sebuah kompetisi Judo di Tanah Air. Inilah tantangan bagi PB PJSI untuk bagaimana mempopulerkan dan mensosialisasikan olahraga di Kalangan awam. sebuah usulan pribadi untuk mengadakan divisi Promosi dan Informasi di susunan kepengurusan PB PJSI di Periode berikutnya merupakan usulan yang dapat dipertimbangkan demi kemajuan olahraga Judo di Indonesia.

Dalam Kejurnas tahun 2011, beberapa Pejudo muda dan Pejudo senior mantan Pelatnas cukup mendapat perhatian. Sebut saja Yoga Hayu dan Ita Rahmawati dari Jawa Timur, Ira Purnamasari dari Jawa Barat serta Jimmy Anggoro dari DKI Jakarta yang masih sanggup meraih medali emas di Kejurnas tahun ini.

Cukup disayangkan pada saat pelaksanaan kategori Nage No Kata dan Juno Kata, banyak praktisi olahraga Judo yang tidak ikut menyaksikan. Tentunya, belum terbiasanya mereka untuk menunggu rangkaian teknik tersebut.  Saya pribadi sangat menikmati keindahan teknik Juno Kata yang diperagakan dengan sangat indah oleh pasangan dari Jawa Timur yakni Sdri. Ita Rachmawati dan Sdri. Sari Astafiani.

Secara keseluruhan, acara Kejurnas Judo berlangsung sangat lancar meski tiap harinya diguyur hujan yang sangat deras. Acungan jempol kami berikan kepada seluruh team kepanitian dan khususnya dari Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia yang senantiasa memberikan yang terbaik bagi perkembangan Judo di Indonesia. (Prasandra/Media Judo Indonesia).

Berikut 10 Besar Perolehan Medali dalam Kejurnas Judo di Malang

Jawa Timur 8 Emas, 1 Perak, 3 Perunggu
Bali 3 Emas, 2 Perak, 4 Perunggu
Jawa Barat 2 Emas, 5 Perak, 9 Perunggu
Kaltim 2 Emas, 1 Perunggu
DKI Jakarta 1 Emas, 4 Perak, 10 Perunggu
Lampung 1 Emas, 1 Perunggu
Banten 1 Emas
Sumsel 2 Perak
Riau 2 Perak
Sulsel 1 Perak, 2 Perunggu
We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply